Kamis, 10 Juli 2025

BERAPA PERSON SYARAT SHAHNYA UNTUK MENDIRIKAN SHOLAT JUM'AT?


وَقَدِإخْتَلَفَ فِيْ الْعَدَدِ الَّذِيْ تَنْعَقِدُ بِهِ الْجُمْعَةُ. وَلِلْعُلَمآءِ فِيْهِ خَمْسَةُ عَشَرَ قَوْلًا.

أَحَدُهَا : تَصِحُّ مِنَ الْوَاحِدِ ؛ رَوَاهُ إِبْنُ حَزْمٍ. وَتَأَمَّلُ هٰذَاالْقَوْلُ مَعَ أَنَّهُمْ  أَجْمَعُوْا عَلیٰ أَنَّ الْجَمَاعَةَ شَرْطٌ فِيْ صِحَّتِهَا كَمَا فِيْ شَرْحِ ٱلْمِشْكَاةِ لِإِبْنِ حَجَرٍ وَعِبَارَتِهِ : وَفِيهِ أَيْ قَوْلِهِ ﷺ : " أَلْجُمْعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلیٰ كُلِّ مُسْلِمٍ فِيْ جَمَاعَةٍ " أَنَّ الْجَمَاعَةَ شَرْطٌ فِيْ صِحَّتِهَا وَهُوَ إِجْمَاعٌ وَإِنَّمَا إِخْتَلَفُوْا فِيْ الْعَدَدِ الَّذِيْ تَحْصِلُ بِهِ وَمَذْهَبُنَا أَنَّهُ لَابُدَّ مِنْ أَرْبَعِيْنَ كَامِلِيْنَ.

Sedang terjadi perbedaan pandang tentang bilangan person syarat shahnya Sholat Jum'at. 

Dalam hal ini ada Lima Belas pendapat dari para Ulama' Fiqih :

- Pendapat pertama ; Shah Sholat Jum'at walau dilakukan seorang diri, menurut pendapat Ibnu Hazmi. Ternyata bila dibahas lebih detail cakupannya cukup luas maka para ulama Fiqih sepakat bahwa syarat shahnya jum'atan mekanisme mutlaq harus melalui Jama'ah sebagaimana termaktub dalam Syarah Kitab " ألْمِشْكَاةُ " karya Imam Ibnu Hajar dalam penjelasannya, berdasarkan Hadits Rosul ﷺ : Sholat Jum'at itu hukumnya wajib bagi setiap muslim dilakukan secara berjama'ah ". Sesungguhnya jama'ah Jum'at itu merupakan syarat mutlaq untuk shahnya sholat jum'at. Tentang berapa jumlah idealnya beberapa Madzhab memberikan pandangan tidak harus Empat Puluh secara sempurna.


ٱلثَّانِيُ : إِثْنَانِ كَالْجَمَاعَةِ وَهُوَ قَوْلُ ٱلنَّخَعِيُّ وَأهْلُ الظَّاهِرُ،

الثَّالِثُ : إِثْنَانِ مَعَ الْإِمَامِ عِنْدَ يُوْسُوْفِ وَمَحَمَّدٍ وَاللَّيْثِ.

الرَّابِعُ : ثَلاَثَةُ مَعَهُ عِنْدَ أَبِيْ حَنِيْفَةَ وَسُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ.

ٱلْخَامِسُ : سَبْعَةٌ عِنْدَ عِكْرِمَةٍ.

ٱلسَّادِسُ : تِسْعَةٌ عِنْدَ رَبِيْعَةٍ.

ٱلسَّابِعُ : إِثْنَاعَشَرَ عِنْدَ رَبِيْعَةِ أيّضًا فِيْ رِوَايَةِ وَمَالِكِ،

ٱلثَّامِنُ : مِثْلُهُ غَيْرُ الْإِمَامِ عِنْدَ إِسْحَاقٍ.

ٱلتَّاسِعُ : عِشْرُوّنَ فِيْ رِوَايَةِ إبْنِ حَبِيْبِ عَنْ مَالِكٍ.

ٱلْعَاشِرُ : ثَلَاثُوْنَ كَذٰلِكَ.

الْحَادِيْ عَشَرَ : أَرْبَعُوْنَ بِالْإَمَامِ عِنْدَ الْإِمَامِ الشَّافِعِيِّ وَهُوَ الْمُعْتَمَدُ،

ٱلثَّانِيْ عَشَرَ : أَرْبَعُوْنَ غَيْرَ الْإِمَامِ عِنْدَ الشَّافِعِيِّ أَيْضًا، وَبِهِ قَالَ عُمَرُ أبْنُ الْعَزِيْزِ وَطَائِفَةٌ.

ٱلثَّالِثُ عَشَرَ : خَمْسُوْنَ عِنْدَ أَحْمَدَ فِيْ رِوَايَةٍ وَحُكِيَتْ عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ.

الرَّابِعُ عَشَرَ : ثَمَانُوْنَ حَكَاهُ الْمَازِرِيُّ.

ٱلْخَامِسُ عَشَرَ : جَمْعٌ كَثِيْرٌ بِغَيْرِ حِصْرٍ.

Pendapat ke Dua : Cukup Dua Orang sebagaimana syarat syahnya jama'ah, hal ini difatwakan oleh Imam An-Nakho'i dan Ahlu ad-Dhohiri.

Pendapat ke Ketiga : Cukup Dua Orang beserta Imam, menurut Imam Abu Yusuf, Muhammad dan Laits.

Pendapat yang Empat : cukup Tiga orang beserta Imam, menurut pendapat Imam Abu Hanifah dan Sufyan As-Sauri.

Ke lima : Cukup Tujuh Orang menurut Ikrimah.

Ke Enam : Cukup Sembilan orang, menurut  Robi'ah.

Ke Tujuh : Cukup Dua Belas Orang, menurut Imam Robi'ah juga dan Imam Maliki.

Ke Delapan : Idem dengan pendapat no Tujuh, selain Imam Malik menurut Pendapat Imam Ishaq.

Ke Sembilan : Cukup Dua puluh orang menurut Riwayat Ibnu Habib dari Imam Malik.

Ke Sepuluh : Cukup Tiga puluh Orang sebagaimana Imam Malik.

Ke Sebelas : Minimal Empat Puluh Orang beserya Imamnya, menurut Imam Syafi'ie inilah pendapat yang paling kuat.

Ke Dua belas : Minimal Empat puluh orang exlusif Imam, menurut Imam Syafi'ie juga dengan didukung oleh oleh Umar bin Abdul Aziz dan beberapa orang Ahli Fiqqih.

Ke Tiga Belas : Cukup Lima puluh orang, menurut Imam Ahmad bin Hambal, dalam sebuah riwayat, hal demikian telah dikonfirmasikan dengan Umar bin Abdul Aziz.

Ke Empat Belas : Cukup Delapan puluh orang, menurut Imam Al-Mazariyu.

Ke Lima belas : Jumlah yang nderek Sholat Jum'at cukup membludak hingga tak terhitung jumlahnya. Itu lebih dari Syarat Shahnya Jama'ah Jum'at.

Mekaten mugi Allah ﷻ  paring ILMU YANG MANFAAT dateng kito, mohon maaf menawi wonten engkang khilaf.

Kami nuqil saking kitab Fiqih " الْبُجَيْرِمِيُّ عَلیٰ الْخَطِيْبِ " Pada Fasal Sholat Jum'at halaman 402-403

والله الموفق إلی أقوم الطريقِ،

الفقير إلی رحمة الله،

Moch Turchan Amar,

Sidoarjo, 15 Muharrom 1447 H/11 Juli 2025 M.

٭٭٭ ❉ ❉ ❉٭٭٭

Link Youtube

https://www.youtube.com/live/7YJcqvhivOc?si=XPWE2yQj6BwkHZj3