مَسَائِلُ فِيْ جَمْعِ تَقْدِيْمٍ :
١ - ٱحْرَمَ بِالأُوْلیٰ وَلَمْ يَكُنْ مُسَافِرًا، ثُمَّ سَافَرَ فِيْ أَثْنَآئِهَا، فَهَلْ يَجُوْزُ لَهُ ٱلْجَمْعُ؟
نَعَمْ، يَجُوْزُلَهُ ٱلْجَمْعُ، فَلاَ يُسْتَرَطُ وُجُوْدُ ٱلسَّفَرِ ( وَمِثْلُهُ أَيُّ عُذْرٍ ) عِنْدَ ٱلْإِحْرَامِ بِالصَّلَاةِ ٱلْأُولیٰ، بَلْ يُسْتَرَطُ وُجُوْدُهُ خ
حِيْنَ نِيَّةِ ٱلْجَمْعِ، وَيُتَصَوَّرُ ذَلِكَ فِيْ ٱلسَّفِيْنَةِ أَوِٱلقِطَارِ أَوْنَحْوِهِمَا.
1. Ketika Takbir sholat yang pertama belum berstatus musafir, kemudian dipertengahan sholat sudah berststus musafir, apakah boleh baginys menjama' sholat?
Jawabnya boleh melalukan jama', karena perjalanan atau udzur-udzur yang lain tidak disyaratkan harus wujud saat takbir sholat yang pertama, namun yang disyatatkan adalah udzur-udzur tersebut wujud saat niat jama'. Hal semacam ini terjadi pada pengendara perahu, kereta atau sejenisnya.
٢ - نَویٰ جَمْعَ التَّقْدِيمِ فِيْ ٱلصَّلَاةِ ٱلْأُوْلیٰ، ثُمَّ بَعْدَ ٱلصَّلَاةِ - لَمْ يُرِدْ ٱلجَمْعِ، فَلاَ شَيْئَ عَلَيْهِ، فَيُصَلِّی ٱلثَّانِيَةِ فِيْ وَقْتِهَا.
2. Jika niat melaksanakan jama' taqdim saat sholat yang pertama, kemudian setelah sholat ia berubah niat dan tidak ingin melakukan jama', maka tidak dipermasalahkan dan diperbolehkan untuk melaksankan sholat kedua pada waktunya.
٣ - صَلّیٰ ٱلظُّهْرَ وَٱلْعَصْرَ، أَوِٱلْمَغْرِبَ وَٱلْعِشَآءَ جَمْعَ تَقْدِيْمٍ، ثُمَّ أَقَامَ فِيْ أَثْنَآءِ وَقْتِ ٱلْأُوْلیٰ قَبْلَ دُخُوْلِ وَقْتِ ٱلثَّانِيَّةِ، فَلَايَجِبُ إِعَادَةُ الصَّلَاَةِ ٱلثَّانِيَةِ فِيْ وَقْتِهَا.
3. Jika sudah melakukan jama' taqdim dhuhur dan ashar, maghrib dan isya', kemudian ia muqim dipertengahan waktu sholat yang pertama dan sebelum masuk waktu sholat yang kedua, maka tidak wajib mengulangi sholat yang kedua pada waktunya.
شُرُوْطُ جَمْعِ تَأْخِيْرِ : إِثْنَانِ :
١ - نِيَّةُ ٱلتَّأْخِيْرِ وَقَدْ بَقِيَ مِنْ وَقْتِ ٱلْأُوْلیٰ مَايَسَعُهَا، أَيْ : يَدْخُلُ وَقْتُ نِيَّةِ ٱلتَّأْخُيْرِ بِدُخُوْلِ وَقْتِ ٱلصَّلاَةِ وَيَنْتَهیٰ إِلیٰ أَنْ يَبْقیٰ مِنْ وَقْتِهَا مَايَسَعُ ٱلصِّلَاةَ عِنْدَ ٱلرَّمْلِيِّ، وَعِنْدَ إِبْنِ حَجَرٍ : يَسْتَمِرُّ وَقْتُهَا إِلیٰ أنْ يَبْقیٰ قِدْرُ رَكْعَةٍ.
💎 Syarat Jama' Ta'khir ada dua :
1. Niat jama' ta'khir saat waktu sholat yang pertama masih muat untuk digunakan melaksanakan sholat pertama. Maksudnya, masuknya waktu niat jama' ta'khir bersamaan dengan masuknya waktu sholat pertama sampai sisa waktu yang cukup digunakan melaksanakan sholat pertama, pendapat ini menurut ar-Ramli. Sedangkan menurut Ibnu Hajar, sampai sisa waktu yang cukup untuk satu rokaat.
٢ - دَوَامُ ٱلْعُذْرِ إِلیٰ تَمَامِ ٱلصَّلَاةِ ٱلثَّانِيَةِ، أَيْ : نِيَّتِهَا، فَلَوْ أَقَامَ فِيْ أَثْنَآئِهَا أَوْقَبْلَهَا صَارَتْ أَدَاءًا
وَالصَّلَاةُ ٱلْأُوْلیٰ قَضَآءً بِدُوْنِ إِثْمٍ وَلَاكَرَاهَةٍ.
2. Udzur masih wujud hingga selesai melaksanakan sholat kedua. Jika muqim di pertengahan sholat kedua atau sebelumnya, maka sholat kedua statusnya Ada' sedangkan sholat pertama adalah qadla', namun tidak berdosa dan tidak makruh.
Mugi manfaat mohon maaf bila terdapat khilaf.
Kami nuqil dari kitab Fiqih " تقريرات ٱلسديدة " pada Bab Sholat Jama' halaman 320-321
والله الموفق إلی أقوم الطريق،
ألفقير إلی رحمة الله،
Moch Turchan Amar,
Sda, 14 Shafar 1447 H/08 Agustus 2025 M.
٭٭٭ ❉ ❉ ❉٭
Link youtube https://www.youtube.com/watch?v=O3rybgajgWM