Kamis, 11 September 2025

💠 SYARAT SAH KEDUA KHUTBAH ADA DUA BELAS 💠 شُرُوْطُ صِحَّةِ ٱلْخُطْبَتَيْنِ إِثْنَا عَشَرِۘ.

١ - ٱلذُّكُوْرَةُ
٢ - ٱلطَّهَارَةُ عَنِ ٱلحَدَثَيْنِ ٱلْأَصْغَرِ وَٱلْأَكْبَرِ، فَإِذَآأَحْدَثَ فِيْٓ أَثْنَآءِهَا تَوَضَّأََ وَٱسْتَأْنَفَهَا مِنْ جَدِيْدٍ.
٣ - ٱلطَّهَارَةُ عَنِ ٱلنَّجَاسَةِ فِيْ ٱلثَّوْبِ وَٱلْبَدَنِ وَٱلمَكَانِ، أيْ : طَهَارَةُ ثَوْبِ ٱلْخَطِيْبِ وَبَدَنِهِ وَمَكَانِهِ ٱلَّذِيْ يُبَاشِرُهُ مِنَ ٱلنَّجَاسَةِ،
٤ - سَتْرُ ٱلْعَوْرَةِ، فَلَوْ إِنكَشَفَتْ وَمَضیٰ وَقْتٌ يُمْكِنُ أَنْ يَسْتُرَهَا وَلَمْ يَسْتُرْهَا، بَطَلَتْ ٱلْخُطْبَةُ وَوَجَبَ إِعَادَتُهَا،
٥ - ٱلْقِيَامُ عَلیٰ ٱلْقَادِرِ، فَإِنْ عَجَزَ عَلیٰ ٱلْقِيَام خَطَبَ جَالِسًا، فَإِنْ عَجَزَ خَطَبَ مُضْطَجِعًا، وَٱلْأَوْلیٰ بِهَا أَنْ يَسْتَخْلِفَ.
٦ - ٱلْجُلُوْسُ بَيْنَهُمَا فَوْقَ طُمَأْنِيْنَةِ ٱلصَّلَاةِ، وَٱلْأَفْضَلُ : أَنْ يَكُوْنَ بِقَدْرِ سُوْرَةِ ٱلْإِخْلَاصِ، فَلَمْ يَجْلِسُ حُسِبًا وَاحِدَةً،
٧ - ٱلْمُوَلَاةُ بَيْنَ ٱلْخُطْبَتَيْنِ عُرْفًا، وَبَعْضُهُمْ قَدْرُهُ بِرَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ، فَلَوْطَالَ ٱلْفَصْلُ زِيَادَةً عِنْ ذَلِكِ وَجَبَ إِعَادَةُ ٱلْخُطْبَةِ.

1. Dari kalangan laki-laki.
2. Suci dari hadats kecil dan besar, jika mengalami hadats di tengah-tengah khutbah, maka wajin wudlu' dan mengulangi khutbahnya dari awal.
3. Suci dari najis baik badan pakaian dan tempat. Maksudnya badan, pakaian dan tempat yang tersentuh oleh khotib harus suci dari najis.
4. Menutup aurat. Jika aurat terbuka hingga melewati masa yang cukup untuk menutupnya hingga tidak sempat untuk menutupnya maka khutbahnya batal dan harus mengulangi dari awal.
5. Berdiri. Jika tidak mampu maka boleh khutbah dengan duduk, jika tidak mampu boleh khutbah dengan tidur miring, namun yang lebih utama adalah mencari pengganti untuk melaksanakan khutbah.
6. Duduk diantara dua khutbah sebatas Thuma'ninah dalam sholat, dan atau sebatas membaca surat " ٱلْإِخْلَاصُ " jika tidak demikian dianggap satu khutbah.
7. Terus menerus secara Urf. Diantara dua khutbah. Sebagian Ulama' memberikan batasan sebatas sholat dua rokaat yang ringan. Jika pemisah kedua khutbah tersebut melebihi batasan tersebut maka mengulangi khutbahnya dari awal.

٨ - ٱلْمُوَالَاةُ بَيْنَ ٱلْخُطْبَتَيْنُ وَبَيْنَ ٱلصَّلَاة عُرْفًا كَمَا سِبَقَ.
٩ - ٱلْإِسْمَآعُ مِنَ ٱلخَطِيْبِ، أيْ : إِسْمَاعُ ٱلْخَطِيْبِ أرْبَعِيْنَ رَجُلًا - تَنْعَقِدُ بِهِمُ ٱلْجُمَعَةُ - أرْكَانَ ٱلْجُمْعَةِ.

١٠- أَنْ يَسْمَعَهُمَا أَرْبَعُوْنَ، أَيْ : سِمَاعُ ٱلْحَاضِرُيْنَ لأَِرْكِانِ ٱلْخُطْبَةِ بِالْفِعْلِ، أيْ حَقِيْقِةً، عِندَ ٱلنَّوَاويِّ، وَٱلرَّافعِيِّ وَإبنِ حَجَرٍ.
١١ - أَنْ تَكُوْنَ بِالْعَرَبِيَّةِ، أَيْ : ٱلْأَرْكَانُ، وَذلِكَ إِذَا كَانَ فِيْ ٱلْقَوْمِ مَنْ يَعْرِفُ ٱلْعَرَبِيَّةِ، وَإِلَّا فَيَكْفِی بِأَيِّ لُغَةٍ بِشَرْطٍ أَنْ يَفْهَمَهَا ٱلْحَاضِرُوْنَ، وَيَجِبُ إِلَيْهِمْ تَعَلُّمُ ٱلْعَرَبيَّةِ وَإِلَّا أَئِمُّوْا مَعَ عَدَمِ صِحَّتِ جُمَعَتِهِمْ.
١٢ - أَنْ تَكُوْنَ كُلُّهَا فِيْ وَقْتَ ٱلظُّهْرِ، وَلَوْ شَرَعَ فِيْ ٱلْحَمْدَلَةِ قَبْلَ ٱلزَّوَالِ تَصِحُّ.

8. Terus-menerus diantara kedua khutbah dan sholat secara Urf. Sebagaimana batasan yang telah dijelaskan.
9. Khotib bisa memberi pendengaran. Maksudnya khotib menyampaikan rukun kedua khutbah bisa didengar oleh semua orang empat puluh lelaki yang bisa mengesahkan jum'atan.
10. 
 Kedua khutbah harus terdengar orang 40. Yaitu Jama'ah jum'at harus mendengar khutbah jum'at secara pasti, menurut Imam Nawawi, Rofi'ie dan Ibnu Hajar.
11. Rukun kedua khutbah harus disampaikan dengan Bahasa Arab. Hal ini jika disampaikan pada orang-orang yang biasa bahasa Arab. Jika tidak, boleh disampaikan dengan bahasa apa saja, dengan syarat bisa difahami oleh para jama'ah, namun wajib bagi mereka belajar bahasa Arab. Jika tidak, maka mereka berdosa dan tidak sah sholat jum'atannya.
12. Seluruh rukun khutbah dilaksanakan di dalam waktu Dhuhur. Jika rukun pertama yaitu bacaan Hamdalah sebelum masuk waktu, maka hukumnya tidak Sah.
Kami nuqil dari kitab " تقريرات ٱلسديدة " Bab Syarat Sahnya Jum'atan halaman 332-333
Mugi manfaat, mohon maaf menawi wonten lepat.

والله ٱلموفق إلی أقوم ٱلطريق،
ألفقير إلی رحمة اللـــه،

Sidoarjo, 19 Robiul Awal 1447 H/12 September 2025 M.

٭٭٭ ❉ ❉ ❉٭٭٭