" فَصْلٌ " : فِيْ قَصْرِ ٱلصَّلَاةِ وَجَمْعِهَا.
وَيَجُوْزُ لِلْمُسَافِرِ أي ٱلْمُتَلَبِّسُ بِالسَّفَرِ قَصْرَ ٱلصَّلَاةِ ٱلرُّبَاعِيَّةِ لَاغَيْرَهَا مِنْ ثَنَائِيَّةِ وَثُلَاثِيَّةِ، وَجَوَازِ قَصْرِ ٱلرُّبَاعِيِّةِ " بِخَمْسِ شَرَائِطِ :
( Fashal) Tentang Qashar Shalat dan cara Jama'nya.
Diperbolehkan bagi seorang Musafir selama diperjalanannya untuk meringkas sholatnya yang tergolong Empat Raka'at dengan Lima syarat :
ٱلْأَوَّلُ : ( أَنْ يَكُوّنَ سَفْرُهُ ) أَيْ ٱلشَّخْصُ ( فِيْ غَيْرِ مَعْصِيَّةٍ ) هُوَ شَامِلُ لِلْوَاجِبِ كَقَضَآءِ ٱلدَّيْنِ، وَلِلْمَنْدُوْبِ كَصِلَةِ ٱلرَّحْمِ، وَلِلْمُبَاحِ كَسَفَرِ تِجَارَةِ. أَمَّا سَفَرُ ٱلْمَعْصِيَةِ كَالسَّفَرِ لِقَطْعِ ٱلطَّرِيْقِ فَلَا يَتَرَخَّصُ فِيْهِ بِقَصْرٍ وَلَاجَمْعٍ.
👉 Pertama : Dalam perjalannya tidak ada tujuan untuk maksiat, contoh wajib semisal mau membayar hutang, contoh Sunnah semisal mau Sillatur-rahim, contoh Mubah semisal mau menjalankan barang dagangan.
Contoh bepergian yang tergolong maksiat seperti mau merampas barang dagangan orang lain, hal demikian tidak diperbolehkan untuk QASHAR dan JAMA' sholat.
وَ ٱلثَّانِي : (أَنْ تَكُوْنَ مُسَافَتُهُ ) أيّ ٱلسَّفَرُ ( سِتَّةُ عَشَرَ فَرْسَخًا ) تَجْدِيْدًا فِيْ ٱلْأَصَحِّ. وَلَاتَحْسَبُ مُدَّةَ ٱلرُّجُوْعِ مِنْهَا. وَالْفَرْسَخُ ثَلَاثَةُ أَمْيَالٍ، وَحِيْنَئُذٍ فَمَجْمُوْعُ ٱلْفَرَاسِخِ ثَمَانِيَّةٌ وَأَرْبَعُوْنَ مَيْلًا، وَٱلْمَيْلُ أَرْبَعَةُ آلَافِ خَطْوَةٍ، وَٱلْخَطْوَةُثَلَاثَةُ أَقْدَامٍ، وَٱلْمُرَادُبِالْأَمَيَالِ ٱلْهَاشِمِيَّةِ.
👉 Kedua : Jarak tempuh yang dituju oleh seorang Musafir tidak kurang dari Enam Belas Farsakh menurut pendapat ulama' fiqih dalam Qaul yang Shah, hal demikian tidak terhitung perjalanan PP :
- ukuran Satu Farsakh = Tiga Mil.
- Dapat dikomulatifkan 16 Farsakh = 40 mil,
- Satu mil = 4.000 langkah.
- Satu langkah = 3 telapak kaki.
Hal dimaksud menurut ukuran Mil Hasyimiyah.
Versi lain :
- Ahmad Husain AlMisri 94,500 Km.
- Al-Makmun 89.999,992 m.
- Kitab Tanwirul Qulub 86 Km.
- Hanafiyah 96 Km,
- Mayoritas Ulama' 199.999,88 M.
- Kitab Fathul Islam 88,74 Km.
وَ ٱلثَّالِثُ : (أَنْ يَكُوْنَ ) ٱلْقَاصِرُ ( مُؤَدِّيًا لِلصَّلَاةِ ٱلرُّبَاعِيَّةِ ) أَمَّاٱلْفَائِتَةُ حَضْرًا فَلَا تَقْضِی فِيْهِ مَقْصُوْرَةٌ، وَٱلْفَائِتَةُ فِيْ ٱلسَّفَرِ تَقْضِی فِيْهِ مَقْصُوْرَةٌ لَافِيْ ٱلْحَضَرِ.
👉 Yang ke Tiga : Diperbolehkan bagi Musafir untuk mengqashar sholat yang tergolong Empat Rakaat sekalipun mendadak, dan sama sekali tidak diperkenankan bagi Muqimin untuk menqashar sholat apalagi dalam posisi mendadak.
وٱلرَّابِعُ : (أَنْ يَنْوِي ) ٱلْمُسَافِرُ (ٱلْقَصْرُ ) لِلْصَّلَاةِ ( مَعَ ٱلْإِحْرَامِ ) بِهَا.
👉 Yang Keempat : Seorang Musafir hendaklah mengedepankan niat Qashar disaat Takbirotul Ihram.
وَ ٱلْخَامِسُ : ( أَنْ لَايَأْتَمَّ ) فِيْ جُزْءٍ مِنْ صَلَاتِهِ (بِمُقِيْمٍ ) أَيْ بِمَنْ يُصَلِّيْ صَلَاةً تَامَّةً لِيُشْمِلِ
ٱلْمُسَافِرِ ٱلْمُتِمِّ.
👉 Yang ke Lima : Tidak diperkenan seorang Musafir untuk mengikuti Jama' Qashar kepada seorang Muqimin sepanjang jata sholat qasharnya masih mencukupi.
Mugi manfaat mohon maaf bila terdapat khilaf.
Kami nuqil dari Kitab
" فَتْحُ ٱلْقَرِيْبِ ٱلْمُجِيْبِ " فِيْ شَرْحِ ٱلْفَاظِ ٱلتَّقْرْيْبِ لِأٰبِيْ عَبْدِ اللّٰهِ شَمْسِ الدين بن قَاسم بن محمد الغزي
Pada Bab Shalat Safar halaman 48-49
الموفق إلی أقوم الطريق،
الفقير إلی رحمة الله،
Moch Turchan Amar,
Sda, 21 Muharram 1447 H/17 Juli 2025 M.