Kamis, 17 Oktober 2024

💠KESUNAHAN-KESUNAHAN SETELAH SELESAI MELAKSANAKAN SHOLAT 💠

ثَالِثًا : ٱلسُّنَنُ ٱلَّتِيْ بَعْدَ ٱلْإِنْتِهَاءِ مِنَ ٱلصَّلَاةِ.
١ - أَلْإِسْتِغْفَارُ ثَلَاثًا.
٢ - مَسْحُ جَبْهَتِهِ وَوَجْهِهِ بِيَدِ ٱلْيُمْنٰی مَعَ قَوْلِهِ : " أَشْهَدُ أَنْ لَآإِلٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمٰنُ ٱلرَّحِيْمُ، اَللٌّهُمَ أَذْهِبْ عَنِّيْ ٱلْهَمِّ وَٱلْحَزَنِ "
1. Membaca Istighfar tiga kali.
2. Mengusap kening dan wajah dengan tangan kanan dengan membaca do'a:
yang artinya : " Saya bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah, hilangkanlah keprihatinan dan kesusahan dariku "
٣ - قَوْلُهُ : " أَللّٰهُمَّ أَنْتَ ٱلسَّلَامُ وَمِنْكَ ٱلسَّلاَمُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسِّلَامِ وَأَدْخِلْنَا دَارَكَ : دَارَ ٱلسَّلَامِ، تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَاذَالْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ ".
3. Berdoa ;
" Ya Allah, Engkau Maha Pemberi Keselamatan, dari Engkaulah keselamatan, maka hidupkanlah aku Ya Tuhanku dengan keselamatan, dan masukkanlah aku ke rumah Panjenengan, rumah keselamatan. Engkau selalu memberikan keberkahan dan Maha Luhur wahai Tuhan Pemilik Keagungan dan Kemulyaan ".
٤ - قَوْلُهُ : " ٱللّٰهُمَّ لَامَانِعَ لِمَآ أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا رَادَّ لِمَا قَضَيْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ ٱلْجَدُّ ".
4. Berdo'a :
" Ya Allah, tidak ada yang bisa mencegah pada apa yang Engkau berikan, tidak ada yang bisa memberikan apa yang Engkau cegah, dan tidak ada yang bisa menolak apa yang Engkau putuskan. Usaha tidak akan bermanfaat pada orang yang berusaha tanpa pertolongan Panjenengan ".
٥ - قَوْلُهُ : " ٱللّٰهُمَّ أَعِنِّيْ عَلیٰ ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ ".
5. Berdo'a :
" Ya Allah, Tolonglah aku agar bisa ingat, syukur dan beribadah dengan baik pada Panjenengan ".
٦ - قِرَآءَةُ آيَةُ ٱلْكُرْسِيِّ.
٧ - ٱلتَّسْبِيْحَاتُ : سُبْحَانَ اللّٰهِ ٣٣، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ ٣٣، وَاللّٰهُ أَكْبَرُ ٣٣، وَتَمَامُ ٱلْمِئَةِ : لَآإِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ ٱلْمُلْكُ وَلَهُ ٱلْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلیٰ كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٍ، فَفِيْ ٱلْحَدِيْثِ : أَنَّ مَنْ قَالَ ذٰلِكَ " غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ ٱلْبَحْرِ ". أخرجه مسلم في صحيْحه ٤ : ٢٠٧١ - ٢٦٩١.
6. Membaca Ayat Kursi.
7. Membaca doa:
Membaca beberapa Tasbih, yaitu سُبْحَانَ اللّٰهِ 33 x, ألحمد للّٰهِ 33 x, dan أَللّٰهُ أَكْبَرُ 33 x serta menyempurnakan bilangan seratus dengan bacaan :
Yang artinya,
" Tidak ada Tuhan selain Allah SWT semata, tidak ada sekutu bagiNya, hanya miliknya kekuasaan dan pujian, Yang Maha Menghidupkan dan Mematikan, Dia Maha kuasa di atas segala segala sesuatu ". 
Dalam satu Hadits di sebutkan : " Bahwa sesungguhnya orang yang membaca tasbih-tasbih ini maka seluruh kesalahannya akan diampuni walaupun sebanyak busa di lautan. Haditsnya dijamin Shohih oleh Imam Muslim pada Haditsnya juz 4 hadits nomor urut 2071 dan 2691.
Mekaten mugi manfaat mohon maaf bilih wonten engkang khilaf.
Kulo nuqil saking kitab Fiqih " تَقْرِيْرَاتُ ٱلسَّدِيْدَةُ " pada bab Sunnah Bakdah Sholat halaman 252.
والله الموفق إلی أقوم الطريقِ،
ألفقير إلی رب الجليلِ،

Moch Turchan Amar,
Sda, 14 Robiul Akhir 1446 H/18 Oktober 2024 M.
٭٭٭ ❉ ❉ ❉٭