مَعْنَی شُرُوْطِ وُجُوْبِ ٱلصَّلَاةِ، أَيْ : هِيَ ٱلَّتِيْ إِذَإِجْتَمَعَتْ فِيْ إِنْسَانٍ وَجَبَتِ ٱلصَّلَاةُ عَلَيْهِ، وَهِيَ سِتَّةٌ :
Yang dimaksud syarat wajibnya sholat adalah syarat-syarat yang jika terkumpul dalam diri seseorang maka wajib baginya untuk melaksanakan sholat.
❉ Syarat wajibnya sholat ada Enam :
١. ٱلْإِسْلَامُ : فَلَا تَجِبُ عَلیٰ ٱلْكَافِرِ ٱلْأَصْلِيِّ وَلَاقَضَآءَ عَلَيْهِ إِذَا أَسْلَمَ، وَأَمَّاٱلْمُرْتَدُ فَيَجِبُ عَلَيْهِ قَضَاءُ مَاتَرَكَهُ أَثْنَاءَ رِدَّتِهِ إِذَارَجَعَ إِلیٰ ٱلْإِسْلَامِ، وَذَلِكَ تَغْلِيظًاعَليْهِ.
1. Islam. Maka tidak wajib sholat bagi orang Kafir Asli, dan ketika ia masuk Islam tidak wajib mengqadla'.
Sedangkan bagi orang murtad wajib mengqadla' sholat yang ditinggalkan saat murtad ketika sudah kembali Islam, hal ini sebagai hukuman atas perbuatannya.
٢. ٱلْبُلُوْغُ : فَلَا تَجِبُ عَلیٰ ٱلصَّبِيِّ وَلَوْ مُمَيِّزًا وَيَكُوْنُ ٱلْبُلُوْغُ بِإِحْدَیٰ ثَلَاثِ عَلَامَاتٍ :
2. Baligh. Maka tidak wajib sholat bagi anak kecil meskipun sudah Tamyiz. Baligh bisa terjadi dari salah satu tiga tanda :
١ - بُلُوْغُ خَمْسَ عَشْرَةَ سَنَةً فِيْ ٱلذَّكَرِ وَٱلْأُنْثیٰ، وَتَبْدَأُ مِنْ فِصَالِ ٱلْبَدَنِ مِنَ ٱلرَّحِمِ، إلیٰ مُرُوْرِ خَمْسَ عَشْرَةَ سَنَةً قَمَرِيَةً تَحْدِيْدِيَّةً.
مَعْنیٰ قَمَرِيَةً، أي : بِالْأَشْهُرِ ٱلْعَرَبِيَةِ.
مَعْنیٰ تَحْدِيْدِيَّةً، أيْ : لَايُحْكَمُ بِالْبُلُوْغِ قَبْلَ مُرُوْرِهَا وَلَوْ بِلَحْظَةٍ.
a. Mencapai usia 15 tahun, baik laki-laki ataupun perempuan, dihitung sejak keluarnya badan dari rahim sampai mencapai 15 tahun Qomariyah dengan hitungan pasti " Tahdidiyah " .
Yang dimaksud Qomariyah adalah bulan-bulan Arab.
Dan yang dimaksud Tahdidiyah adalah belum bisa dihukumi baligh sebelum memcapai 15 tahun meskipun sebentar saja.
٢ - آلْإِحْتِلَامُ فِيْ ٱلذَكَرِ وَٱلْأُنْثیٰ لِتِسْعِ سِنِيْنَ قَمَرِيَةً تَقْرِبِيَّةً فِيْ الذَّكَرِ وَالْأُنْثیٰ ١ وَالإِحْتِلَامُ هُوَ خُرُوْجُ الْمَنِيِّ سَوَاءٌ فِيْ النَّوْمِ وَالْيَقْظَةِ.
b. Ihtilam " keluar sperma ", baik laki-laki maupun perempuan yang telah berusia 9 tahun Qomariyah Taqribiyah. Ihtilam adalah keluar sperma baik saat tidur maupun terjaga.
٣ - ٱلْحَيْضُ فِيْ الْأُنْثیٰ لِتِسْعِ سِنِيْنَ قَمَرِيَةً تَقْرِبِيَّةً كَمَا تَقَدَّمَ فِي بَابِ الْحَيْضِ.
c. Haidl bagi wanita yang berumur 9 tahun Qomariyah Taqribiyah, sebagaimana yang telah dijelaskan pada Bab Haidl.
٣. ٱلْعَقْلُ، أيْ : ٱلتَّمْيِيْزُ، فَلَاتَجِبُ عَلیٰ الْمَجْنُوْنِ وَالصَّبِيِّ غَيْرِالْمُمَيِّزِ، وَالمُغمیٰ عَلَيْهِ، وَلاَ قَضَآءَ عَلَيْهِمْ.
3. Berakal/tamyiz. Maka tidak wajib sholat bagi orang gila, anak kecil yang belum tamyiz dan orang pinhsan. Dan ketika sudah tamyiz tidak wajib mengqodo' sholat.
٤. ٱلطَّهَارَةُ عَنِ ٱلْحَيْضِ وَالنِّفَاسِ، فَلاَ تَجِبُ عَلَيْهِمَا أدَاءً وَلَاقَضَاءً ١ كَمَاقَالَ صَاحِبُ " صَفْوَةُ الزُّبَدِ "
فَرْضٌ عَلیٰ مُكَلَّفٍ قَدْ أَسْلَمَا ٭ وَعَنْ مَحِيْضٍ وَنِفَاسٍ سَلِمَا
4. Suci dari haidl dan nifas. Maka tidak wajib sholat bagi wanita yang haidl dan nifas, baik sholat Ada' maupun Qodlo'. Sebagaimana ungkapan Shofwatuz Zubad :
" Sholat wajib bagi orang yang masuk islam, dan selamat/suci dari haidl dan nifas ".
٥. بُلُوْغُ الدَّعْوَةِ : فَإِذَا لَمْ تَبْلُغُ الدَّعْوَةُ فَلَايَجِبُ عَلَيْهِ القَضاَءُ عَنِ الرَّمْليِّ، خِلاَفًا لِإبْنِ قَاسِمِ.
5. Mendengar da'wah Islam. Ketika dakwah Islam tidak sampai pada seseorang maka baginya tidak wajib mengqodo' ketika sudah mendengar dakwah Islam menurut Imam Romli berbeda dengan Ibnu Qosim.
٦. سَلَامَةُ الْحَوَاسِّ : فَلَاتَجِبُ عَلیٰ مَنْ خُلِقَ أَعْمیٰ أَصَمَّ وَلَوْ نَاطِقًا، وَلَا قَضَآءَ عَليْهِ إذَا رُدَّتْ إليهِ حَوَاسُّهُ.
6. Selamatnya indra. Maka tidak wajib sholat bagi orang yang terlahir dalam keadaan buta sekaligus tuli meskipun bisa bicara. Dan ketika suatu saat indranya dikembalikan Allah ﷻ padanya, maka ia tidak wajib mengqodlo'.
Mudah-mudahan bermanfaat dan mohon maaf bila terdapat khilaf.
Kami nuqil dari kitab Fiqih Taqrirotus Sadidah Bab Syarat Wajibnya Sholat pada halaman 195-196ۧ.
والله أعلم بالصواب.
من الفقير الی رحمة الله.
Moch Turchan Amar,
Sidoarjo, 20 Robiul Awal 1445 H/06 Oktober 2023 M.
٭٭٭ꙮ٭٭٭