Kamis, 11 September 2014

Obrolan Tentang Bacaan Al Quran (Surat Yasiin dll) untuk Orang yg Sudah Meninggal

Percakapan ini diambil dari Grup Whatsapp, pembaca dapat menyimpulkan sendiri dari bacaan berikut
[11/9 05:33] Agus maksum Indramayu: Syarat ditimanya ibadah ada 2 yaitu ikhlas mengharap pahala hanya kepda Allah dan ittiba kepada Rasul saw yaitu apa2 yg kita lakukan harus ada tutunan Rasul, karena islam ini sdh sempurna
karena hukum asal dari ibadah adalah terlarang sampai ada dalil yang menetapkannya bahwa ibadah tersebut disyariatkan oleh Allah azza wa jalla.
Mnta dkoreksi kalo salah tad
[11/9 05:37] Fathur MQ: Bukan ditimanya pak tapi diterimanya
[11/9 05:37] Fathur MQ: Mentang2 udah ga jualan TERI. teri nya dihapus 
[11/9 05:48] Agus maksum Indramayu: Lah kan min minta dikolekti kalo talah em em boshaji
[11/9 05:50] Aries Pak jkt: Oce dah dibetulin kan, lanjut...
[11/9 07:24] Agus maksum Indramayu: Setiap perselisihan dlm islam, maka kembalilah Ke alquran dan sunnah, jgn gelut ini kalimat quran tad, tapi surat apa y ane poho
[11/9 07:26] Aries Pak jkt: ...
[11/9 07:26] Agus maksum Indramayu: Apalagi esmosmi ja ja jangan tad
[11/9 07:28] Fathur MQ: Apa kata Gus Sum. Aku ikut.
[11/9 07:34] Agul MQ Cirebon: ﻓﺎﻥ ﺗﻨﺰﻋﺘﻢ ﻓﻲ ﺷﻴﺀ ﻓﺮﺩﻩ ﺍﻟﻲ ﺍﻟﻠﻪ ورسوله
[11/9 07:35] Agul MQ Cirebon: Jika kalian berselisih dlm suatu perkara/pasal maka kembalikan pada Allah & Rasulnya.
[11/9 07:42] Agus maksum Indramayu: Ane paham 1perkara blm tentu perkara yg lain paham, oneng eh salah bajuri
[11/9 07:56] Agus maksum Indramayu: Hukum Mengirimkan Bacaan Al Fatihah Untuk Mayit
Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah ditanya :
هل يجوز قراءة الفاتحة على الموتى وهل تصل إليهم؟.
Apakah boleh membacakan al fatihah untuk mayit dan apakah pahalanya sampai kepadanya ?
Syaikh rahimahullah menjawab :
 جواب السؤال قراءة الفاتحة على الموتى لا أعلم فيها نصاً من السنة وعلى هذا فلا تُقرأ لأن الأصل في العبادات الحظر والمنع حتى يقوم دليل على ثبوتها وأنها من شرع الله ــ عز وجل ــ
Tentang dasar disyariatkannya membacakan al fatihah untuk mayit maka saya tidak mengetahui dalil dari sunnah. Oleh karena itu janganlah membacakan al fatihah untuk mayit, karena hukum asal dari ibadah adalah terlarang sampai ada dalil yang menetapkannya bahwa ibadah tersebut disyariatkan oleh Allah azza wa jalla.
ودليل ذلك أن الله أنكر على من شرعوا في دين الله ما لم يأذن به الله، فقال ــ تعالى ــ: (أم لهم شركاء شرعوا لهم من الدين ما لم يأذن به الله). الشورى:21)). وثبت عن النبي، صلى الله عليه وسلم، أنه قال: ((من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو رد)).وإذا كان مردوداً كان باطلاً وعبثاً يُنَزه الله عز وجل أن يُتقرب به إليه.
Dalil yang menyatakan bahwa hukum asal ibadah itu terlarang adalah bahwa Allah mengingkari orang yang membuat syariat dalam agama Allah dengan syariat yang tidak Allah izinkan. Allah ta’ala berfirman :
“Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah?” [Asy syuara : 21]
Demikian pula terdapat hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :
“Barangsiapa yang mengamalkan suatu amalan yang tidak ada contohnya dari kami maka amalannya tertolak.”
Jika amalan tersebut tertolak maka amalan tersebut batal dan sia-sia. Allah disucikan dari amalan taqarrub yang demikian.
 وأما استئجار قارئ يقرأ القرآن ليكون ثوابه للميت فإنه حرام ولا يصح أخذ الأجرة على قراءة القرآن ومن أخذ أجرة على قراءة القرآن فهو آثم ولا ثواب له
Adapun tentang menyewa seseorang untuk membaca Al Qur’an supaya pahala bacaan tersebut sampai kepada mayit, hukumnya adalah haram. Tidak sah mengambil balasan/upah dari bacaan Al Qur’an tersebut dan barangsiapa yang mengambil upah karena bacaan Al Qur’an maka dia telah berdosa dan tidak ada pahala baginya.
لأن قراءة القرآن عبادة ولا يجوز أن تكون العبادة وسيلة إلى شيئ من الدنيا قال الله ـ تعالى ـ ( من كان يريد الحياة الدنيا وزينتها نوف إليهم أعمالهم فيها وهم فيها لا يبخسون). ] هود: 15
Karena membaca Al Qur’an merupakan ibadah dan yang namanya ibadah tidak boleh dijadikan sarana untuk memperoleh bagian dari dunia. Allah ta’ala berfirman :
“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.”  [Hud : 15]
[11/9 08:13] Chusnul c solo: Shalat Janazah, hukumnya apa ?
[11/9 08:32] Agul MQ Cirebon: Klo d jwb.
Nanti akan ditanya bukankah shalat jenazah tu mrupkn doa utk mayit yg didlmnya dibca jg fatehah?
[11/9 08:34] Agul MQ Cirebon: Jd hukum asal baca alquran to boleh berdasar qiyas
[11/9 08:38] Agul MQ Cirebon: Tp mnurut pndpt saya lbh baik mencukupkn diri dengan ibadah yg sudah jelas ada tuntunannya langsung dr Rasulullah, bukankah itu lbh aman?
[11/9 08:39] Lukman Bawafi: Tuntunan dari rosul siapa yg menyampaikan?
[11/9 08:41] Lukman Bawafi: Semua Tuntunan rosul siapa yg menyampaikan kepada kita?
[11/9 08:46] Agul MQ Cirebon: Tdk juga terancam oleh
ﻣﻦ ﻋﻤﻞ ﻓﻲ ﺍﻣﺮﻧﺎ ﻫﺬ ﻟﻴﺲﻟﻪ  ﺍﻣﺮﻧﺎ ﻓﻬﻮ ﺭﺩ (ﺭﻭﻩ: ﻣﺴﻠﻢ)
Jika ada yg salah mhon dikoreksi
[11/9 08:54] Chusnul c solo: Hukum asal dr ibadah adalah terlarang sampai ada dalil yg menetapkannya bhw ibadah itu disyari'atkn.
[11/9 08:55] Chusnul c solo: Hukum asal baca al-Qur'an itu boleh berdasar Qiyas.
[11/9 10:03] Chusnul c solo: 
[11/9 10:13] Agul MQ Cirebon: Maksudnya baca al-qur'an untuk mayigt
[11/9 10:35] Chusnul c solo: Siapa yg bikin definisi BID'AH spt diatas itu ?
[11/9 11:21] Aries Pak jkt: Ane gak jawab pertanyaan : Siapa yg bikin definisi BID'AH spt diatas itu ? Ane cuma mau sharing aja yg pernah ane pelajari dlm pengajian dan bacaan :
[11/9 11:22] Aries Pak jkt: Imam Asy-Syafi'I berkata : "Sampai kpd mayit 3 perkara dari perbuatan & amalan org lain (yg msh hidup) : (1). Haji yg dikerjakan atas dirinya, (2). Harta yg disedekahkan atasnya atau dibayarkan atasnya. (3). Do'a. Adapun selain dr 3 hal ini spt shalat atau puasa maka pahalanya utk pelakunya bukan utk mayit...." (Al-Umm 4/126). Sangat jelas dr pernyataan Al-Imam Asy-Syafi'I diatas bahwa beliau hanya membatasi amalan yg pahalanya dpt dikirim kpd mayit pd 3 perkara. Adapun selain itu spt : pahala shalat, puasa, bacaan Al Qur'an maka mnrt Beliau tidak sampai... (Baca : "Ajaran Mazhab Imam Asy-Syafi'I yang Ditinggalkan."- Ust. Firanda Adirja Abidin, Lc., M.A.
[11/9 11:23] Aries Pak jkt: Semoga nyambung...
[11/9 11:23] Lukman Bawafi: Berarti shalat jenazah tdk sampai ke mayit?
[11/9 11:26] Aries Pak jkt: Shalat jenazah gak diajari dan dilakukan Rasul ya pak? Jadi kita mau ikut tuntunan siap dong? Yg diajarkan dan dilakukan Rasul gak diikuti tapi yg gak diajarkan atau gak dilakukan Rasul diada2kan... Itu mungkin makna dan arti antara Sunnah dan Bid'ah... Mohon koreksi
[11/9 11:30] Lukman Bawafi: Shalat jenazah gak diajari dan dilakukan Rasul ya pak?
[11/9 11:39] Aries Pak jkt: Meski bukunya tipis dan kecil insya Allah tuntunan yg jadi rujukan syar'I ttg kewajiban umat mengurus mayit atau jenazah...
[11/9 12:24] Agul MQ Cirebon: Pahala shalat jenazah tdk smp k mayit.
Yang sampai doa muslim atad mayit dlm bacaan shalat.
[11/9 12:39] Aries Pak jkt: Ya itu maksudnya... Doa yg sampai kpd mayit, tp klo shalat, bacaan Qur'annya hanya menjadi pahala yg mengerjakannya (yg masih hidup) klo ingin membacakan al qur'an sebaiknya saat si mayit masih hidup (sakit/sakratul) mentalkinnya/membimbingnya utk selalu berzikir kpd Allah...
[11/9 13:21] Rohadi Sale MQ: 
[11/9 14:41] Agus maksum Indramayu: Oke islah lg y
[11/9 14:48] Chusnul c solo: Hukum asal dr ibadah adalh terlarang sampai ada dalil yg menetapkannya bhw ibadah tsb disyariatkn Allah.
[11/9 14:58] Chusnul c solo: Al-ashlu fi l-'ibadat at-tauQifi
[11/9 15:23] Agul MQ Cirebon: Bukankah tauqify itu artinya diam?
[11/9 16:22] Rudi MQ: kalau tauqoly bunyi pak,
tit tit tit.....?waktu iqomah habis,
[11/9 16:26] Chusnul c solo: Dg mngutip hadits:
"Brgsiapa yg mngamalkan suatu amalan yg tdk ada contohnya dr kami maka amalannya tertolak."
Bagaimana penjlasan Syaikh Muhammad ibn Shalih al-'Utsaimin seputar hadits tsb ?
[11/9 16:40] Lukman Bawafi: Penjelasannya gmn ?
[11/9 17:11] Chusnul c solo: Bagaimana penjlsan Syaikh Muhammad ibn Shalih al-'Utsaimin ttg "Kullu bid'atin dhalalatin." ?
[11/9 17:37] Widodo Bambang S Ttk: Ttg Rasulullah saw Tdk Pernah Mengerjakan
Sesuatu yg tdk pernah dikerjakn oleh Rasulullah saw atau para sahabat dan ulama salaf itu belum tentu dilarang atau tdk boleh. Berdasarkn penelitian al-Hafidz Abdullah al-Ghumari mnyimpulkn bhw sesuatu yg ditinggalkn oleh Rasulullah saw (tdk mngerjakan) mngandung bbp kemungkinan:
1) Nabi saw mninggalkannya krn tradisi d daerah beliau tinggal.
Nabi saw pernah disuguhi daging biawak yg dipanggang. Tp Nabi saw tdk tahu kalo itu biawak. Lalu Nabi saw bermaksud mnjamahnya dg tangan beliau. Tiba2 ada orang berkata kpd beliau: "Itu daging biawak yg dipanggang." Mndengar perkataan itu, Nabi saw tdk jd memakannya. Lalu beliau ditanya: "Apakh daging tsb haram ?" Beliau mnjawab: "Tdk haram, ttp daging itu tdk ada d daerah kaumku, shg aku tdk selera."
Hadits tsb ada d Shahih Bukhari dan Muslim.
2) Nabi saw mninggalkannya krn lupa.
Suatu ketika Nabi saw lupa mninggalkan sesuatu dlm shalat. Lalu beliau ditanya: "Apakh trjadi sesuatu dlm shalat ?" Beliau mnjawab: "Sy juga manusia, yg bisa lupa spt halnya kalian. Kalo aku lupa meninggalkan sesuatu, ingatkn aku."
3) Nabi saw mninggalkannya krn khawatir diwajibkan atas ummatnya.
Spt Nabi saw meninggalkan shalat tarawih stlh para sahabat berkumpul menunggu utk shalat bersama beliau.
4) Nabi saw meninggalkannya krn mmg tdk pernah memikirkan dan trlintas dlm fikirannya.
Pd mulanya Nabi saw brkhuthbah dg brsandar pd pohon kurma dan tdk pernah brfikir utk mmbuat kursi, tempat brdiri ketika khuthbah. Stlh sahabat mngusulkannya, mk beliau mnyetujuinya, krn dg posisi dmk, suara beliau akan lbh d dengar oleh mrk. Para sahabat juga mngusulkan agar mrk mmbuat tempat duduk dr tanah, agar orang asing yg dtg dpt mngenali beliau, & trnyata beliau mnyetujuinya, pdhal blm pernah mmikirkannya.
5) Nabi saw mninggalkannya krn hal tsb masuk dlm keumuman ayat2 al-Qur'an dan hadits2nya.
Spt sebagian besar amal2 mandub (sunnah) yg beliau tinggalkn krn sdh trcakup dlm firman Allah swt:
"Lakukanlah kebaikan, agar kamu mnjadi orang2 yg beruntung." (QS. al-Haj 77)
6) Nabi saw mninggalkannya krn mnjaga perasaan para sahabat.
Nabi saw brsabda kpd Aisyah: "Seandainya kaummu blm lama mninggalkn kekufuran, tentu Ka'bah itu aku bongkar lalu aku bangun sesuai dg fondasi yg dibuat oleh Nabi Ibrahim as, krn orang2 Quraisy dulu tdk mampu mmbangunnya scr sempurna."
Hadits ini ada d Shahih Bukhari dan Muslim.
Msh byk alasan2 lain.
Blm ada suatu hadits maupun atsar yg mnjlskan bhw Nabi saw mninggalkn sesuatu krn hal itu diharamkan.
[11/9 17:42] Aries Pak jkt: Ada, salah satunya Nikah Mut'ah pak. Tp Syiah sesat masih tetap melakukannya. Bukti syiah emang bertentangan dgn Islam.
[11/9 17:48] Widodo Bambang S Ttk: Apa lg? Tp ttg syiahnya dibhas dlm tema lain spy fokus ga lari k sana kmari.
[11/9 17:53] Chusnul c solo: Wah, kebiasaan ...
[11/9 17:55] Aries Pak jkt: Maaf, itu contoh yg diminta kan? Sy jg gak niat bahas Syiah kok. Lanjut ya, dan yang harus dipahami juga oleh semua, semata2 apa yg dilakukan atau tidak dilakukan Rasulullah dan wajib diikuti umatnya tetap atas "persetujuan" (perintah/ketetapan Allah).. Bukan sekedar kehendak Rasul pribadi pada akhirnya.. Contoh : ketika Rasul mendoakan pamannya Abu Thalib ( beda agama dgn rasul dan menolak Islam sampai meninggal ) Rasul ditegur untuk tidak mendoakannya, artinya, inti beda agama memutus hak dan kewajiban dalam urusan ibadah spt perkawinan, warisan dan mendoakan/menyolatkanya ketika meninggal... Terakhir, cak Nul, menyebut kesesatan Syiah bukan kebiasaan tapi boleh kok kalo mau dibiasakan, krn Syiah memang sesat kok. Tapi say hr ini gak niat bahas soal syiah kok...
[11/9 17:57] Chusnul c solo: Bkn, bkn kebiasasn soal nyebut syiah sesat, itu dr dulu sdh mafhum, tp yg lain.
[11/9 18:03] Aries Pak jkt: Ok, gak apa2, lanjut, intinya pada akhirnya adalah kita harus juga memahami bahwa jika Rasul aja meninggalkan/atau tidak melakukannya (dgn alasan yg disebutkan diatas (sbagian sudah saya taun sebagian trs terang baru tau skr)) adalah kenapa lagi kita "maksain" melakukan sesuatu yg tidak dilakukan oleh Rasul...? QS Al Hajj : 77 benar, lakukan kebaikan.. dan di ayat/surat  lain (maaf lupa ayatnya) adalah sekalipun suatu kebaikan kalo dilakukan tanpa tuntunan, tertolak.. Afawan nanti dilanjutin, udah mau iqomah...
[11/9 18:14] Chusnul c solo: Oke. Nanti kita bahas ttg "at-tarku"
[11/9 20:24] Chusnul c solo: Ttg AT-TARKU
Yg dimaksud AT-TARKU dlm hal ini: Rasulullah saw meninggalkan atau tdk melakukan sesuatu.
Prtanyaannya, apakah 'at-tarku' itu merupakn produk hukum atau bisa dijadikn sbg hukum ?
At-Tarku yg kita fahami sbg amaliyah yg ditinggalkn atau tdk dikerjakan oleh Rasulullah saw tdk scr langsung mnghukumi sesuatu itu mnjadi haram atau makruh, yg sering disebut oleh mrk Wahabi sbg bid'ah (dhalalah).
Krn apa ? Ada bbp hal yg bisa diutarakn:
A) Dari sudut ushul fiQh, larangan dg jls ditunjukkn dg 3 hal:
1- ada shighat nahi (berupa kalimat larangan), contoh:
"Walaa taQrabuu z-zina ... Jgn kalian dekati zina."
2- ada lafadz tahrim (lafadz keharaman), contoh:
"Innamaa harrama 'alaikum al-maitata ... Sesungguhnya Allah mngharamkan bagimu bangkai."
3- ada dzammu l-fi'li (celaan/ancaman thdap suatu perbuatan/amal), contoh:
"Man ghasysya falaisa minnaa ... siapa sj yg memalsu mk bkn trmasuk golongan kami."
Dari ke-3 dasar ushul fiQh tsb tdk ada 'at-tarku'.
B) Nash al-Qur'an mnyebutkn:
"Wamaa aataakumu r-rasuulu fakhudzuuhu wamaa nahaakum 'anhu fantahuu." (QS. Al-Hasyr: 7)
Apa yg diberikn Rasul saw bagimu terimalah, & apa yg dilarangnya bagimu mk tinggalkanlah.
Jls sekali diayat itu mnggunakan kata"naha" (dilarang), bkn 'at-tarku'
C) Dalil dr hadits yg mnyebutkn:
"Maa nahaitukum fajtanibuuhu wa maa amartukum bihi faf'aluu minhu maa istatha'tum."
Apa sj yg aku cegah atas kalian mk jauhilah (tinggalkanlah), & apa2 yg aku perintahkn pd kalian mk kerjakanlh SEMAMPU kalian." (HR. Bukhari wa Muslim)
Disini Rasulullah saw juga tdk mngatak 'at-tarku' melainkn mnggunakn 'nahi' (larangan yg jls).
Jd, jls sdh bhw 'at-tarku' bkn sbg sumber hukum dan tdk bisa scr otomatis mnghukumi sesuatu itu makruh/haram.
Hal ini berbeda dg Qa'idah yg belakangn muncul yg dibuat oleh mrk, yakni: "at-tarku yadullu 'ala tahrim."
[11/9 20:36] Widodo Bambang S Ttk: 
[11/9 21:41] Aries Pak jkt: Alhamdulillah, ane belum terlalu paham mengenai at tarku, sbg "lawan" dr Bid'ah spt disebutkan diatas.  Walau agak panjang diulas di blog : salafytobat.wordpress... Untuk Semntr ini ane tawaquf soal (at tarku) ini... Krn klo mau buka rujukan, perbandingannya bisa liat ulasan soal Bid'ah di Muslim.or.I'd atau Rumaysho.com... Nah, klo dah begitu sangat jelas namun panjang klo di"adu" keduanya sumber rujukan diskusi kita. Tuk itu ana putuskan dgn kurangnya ilmu yg ada pada diri ane, ane tawaquf soal at tarku... Dan pandangan ane soal Bid'ah dan Wahabi tidak berubah sebagaimana ulasan sudah yg ane sampaikan. Ok sodara2...
[11/9 21:43] Aries Pak jkt: Tawaquf dan berguru dulu lagi...
[11/9 21:49] Aries Pak jkt: QS. An-Nuur : 14-15 dan QS. Al Israa: 36
[11/9 22:07] Chusnul c solo: Oke, sy tambahi ya, sdh kadung ditulis ...
[11/9 22:12] Chusnul c solo: Hukum Mengirimkn Bacaan al-Fatihah Utk Mayit
Tentu sj pendpat yg mnyatakn bhw mngirimkn bacaan al-Fatihah utk mayit itu tdk ditemukan tuntunannya ini trmasuk ajaran baru dlm Islam, bhk dpt dikatakn sbg pendpat yg baru dlm ajaran mrk, krn amaliyah mmbaca al-Qur'an di kuburan kaum muslimin dan mnghadiahkn pahala bacaan al-Fatihah, dll, kpd mrk yg tlh meninggal dunia, sdh diakui dalilnya oleh Muhammad ibn Abdul Wahab an-Najdi, pendiri Salafi Wahabi, dlm kitabnya: Ahkam Tamanni al-Maut, hlman 75, dia mngatakn:
"Sa'ad az-Zanjani meriwayatkn hadits dr Abu Hurairah ra scr marfu': "Siapa sj yg mndatangi kuburan lalu mmbaca Fatihata l-kitab, Qul huwallahu ahad, & alhaakumu t-takaatsur, kmd mngatakn: "Ya Allah, aku hadiahkn pahala bacaan al-Qur'an ini bagi kaum beriman laki2 & perempuan di kuburan ini." Maka mrk akan mnjadi penolongnya kpd Allah. Abdul Aziz, murid al-Khallal, meriwayatkn hadits dg sanadnya dr Anas ibn Malik ra scr marfu': "Siapa sj yg mndatangi kuburan, lalu mmbaca surah Yasin, maka Allah akan meringankn siksaan mrk, & ia akan mmperoleh pahala sebanyak orang2 yg ada di kuburan itu."
Jd, kesimpulannya adalah ...
[11/9 22:22] Lukman Bawafi: Damai dengan Islam jika antar pengikutnya saling menghargai pendapat yg lain seperti di contohkan sahabat dan alim ulama setelah wafat  Nabi.
[11/9 22:25] Rudi MQ: Kesimpulannya adlh yg selalu sy krjakan selama ini. Alhmdulillah dapat pencerahan,