Selasa, 23 Januari 2024

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua disaat Hidup atau Sudah di Alam Kubur

✾ TIP TERBAIK BERBHAKTI KEDUA ORANG TUA WALAU SUDAH MENINGGAL DUNIA ✾


Berdasarkan Hadits yang masyhur, Baginda Rosul Muhammad ﷺ memberikan bimbingan kepada kita melalui Sabda Beliau :

  ✿ إِذَا مَاتَ ٱلْإِنْسَانُ ٱنْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّامِنْ ثَلَاثٍ : صَدَقَةٌ جَارِيَةٌ، أَوْعِلْمٌ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْوَلَدٌ صَالِحٌ يَدْعُوْلَهُ  ❉ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ خد م. " للبخاري في الأدب وللمسلم ٣.

Jika Manusia telah meninggal dunia maka dinyatakan putus seluruh amalnya, baik yang terkait dengan sholatnya, zakatnya, puasanya dan hajinya, kecuali tiga perkara :

1. Shodaqoh Jariyah. Semisal bentuk Waqof pahalanya tetap mengalir sampai kapanpun kepada yang Jariyah.

2. Ilmu Yang Bermanfaat. Semisal para Guru, Para Pengarang Kitab itu lebih bermanfaat dari generasi ke generasi.

3. Anak Sholeh yang pandai berdo'a terhadap kedua orang tua. 
Terkait dengan keberadaan Anak Sholeh, dalam surat Ath-thur

Allah ﷻ berfirman :

۞ وَٱلَّذِيْنَ آمَنُوا وَٱتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَتُهُمْ بِإِيْمَانٍ ٱلْحَقْنَابِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَآأَلَتْنٰهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْئٍ ۗ كُلٌّ آمْرِئٍ بِمَاكَسَبَ رَهِيْنٌ ۞ الطور ٢١.

Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam ke imanan, kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka di dalam surga, dan kami tidak mengurangi sedikitpun pahala amal "kebaikan" mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya.

Berdasarkan kedua Dalil Naqli termaktub diatas yakni Al-Hadits dan diperkuat oleh Al-Qur'an diatas, masih ada cara lain yang lebih baik untuk berbhakti kepada kedua orang tua dan atau orang lain sbb :

١ - قَالَ رَجُلٌ لِلنَّبِيِّ ﷺ إنَّ أُمِّيْ أُفْتُلِتَتْ نَفْسُهَا فَهَلْ لَهَا أَجْرٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا؟ قَالَ ﷺ : نَعَمْ.

1. Datang seorang laki kepada Baginda Rosul Muhammad ﷺ seraya berkata : Waktu Ibu saya sebelum meninggal ada sesuatu yang belum tersampaikan saya yaqin Ibu pesan kepingin SHODAQOH, setelah meninggal saya baru sadar, apakah boleh saya Shodaqoh yang pahalanya saya HADIYAHKAN buat Ibu saya yang sudah meninggal? Ngendiko Baginda Rosul Muhammad ﷺ : Na'am " Betul Bisa sampai pahalanya. Intinya Mayit bisa menerima Manfaat Pahala sebab sedekahnya keluarga yang masih hidup.

2. Haji Nadzar dan Puasa Nadzar boleh dilakukan Badal oleh Ahli Warisnya bila yang bersangkutan  telah meninggal dunia.

Itu semua didalam Ilmu Fiqih di sebut

" إِنْتِفَاعُ لِغَيْرِهِ "

 Intifa' lighoirihi, yakni Hidup itu perlu bantuan orang lain. Dan masih banyak dalil lain yang terkait dengam masalah ini. In sya Allah kami sambung.
Mugi Manfaat mohon maaf bila terdapat khilaf.


Kami Nuqil dari kitab فَيْضُ ٱلْقَدِيْرُ Syarah جَمْعُ الصَّغِيْرُ Juz 1 hal 547.
Tafsir Al-Ibriz Juz 27 hal.1942.
والله الموفق إلی أقوم الطريق،
الفقير إلی رحمة الله عز وجل،
Moch Turchan Amar,
Sda, 13 Rajab 1445 H/25 Januari 2024 M.