Jumat, 03 Juni 2016

Do' a Perpisahan Sekolah

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Bapak/Ibu sekalian, marilah kita menundukkan kepala sejenak untuk berdoa bersama-sama agar pertemuan kita dalam acara akhir sana, tahun ajaran 2015/2016 mendapatkan berkah dari Allah. al-Fatihah!
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله رب العالمين ...... ولا الضالين. آمين.
الحمد الله رب العالمين. حَمْدَ النَاعِمِيْن، حَمْدَ الشَاكِرِيْن حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِي مَزِيْدَهُ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلَالِ وَجْهِكَ الْكَرِيْم وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكْ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْن وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن.
اَللَّهُمَّ لاَ تَدَعْ لِأَحَدٍ مِنَّا فِي هَذَا الْجَمْعِ الْكَرِيْمِ الْمُبَارَكِ ذَنْباً إِلَّا غَفَرْتَهْ، وَلَا مَرِيْضاً إِلَّا شَفَيْتَهْ، وَلَا دَيْناً إِلَّا قَضَيْتَهْ، وَلَا مَيٍّتاً إِلَّا رَحِمْتَهْ، وَلَا عَاصِياً إِلَّا هَدَيْتَهْ، وَلَا طَائِعاً إِلَّا زِدْتَهْ وَثَبَتَّهْ، وَلَا عَيْباً إِلَّا سَتَرْتَهْ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًى وَلَنَا فِيْهَا صَلَاحٌ إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن.
Ya Allah, Tuhan kami. Jangan Engkau biarkan seorang pun di antara kami berdosa melainkan Engkau ampuni, siapapun yang mengalami sakit kecuali Engkau sembuhkan; siapa saja di antara kami yang memiliki hutang kecuali Engkau beri kuasa untuk melunasinya; siapa saja yang berbuat maksiat melainkan Engkau beri hidayah; siapa saja yang menjalankan karatan melainkan Engkau tambah dia semakin taat dan teguh; siapa saja yang memiliki cacat melainkan Engkau tutupi; serta siapa saja yang memiliki kebutuhan yang memang Engkau ridoi dan mengandung kebaikan untuk kami melainkan Engkau penuhi. Wahai Zat yang paling kasih di antara yang kasih.

أَللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعاً مَرْحُوْماً، وَتَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُّقاً مَعْصُوْماً، وَلَا تَجْعَلْ فِيْنَا وَلَا مِنَّا شَقِيّاً وَلَا مَحْرُوْماً.
Ya Allah, jadikanlah pertemuan ini sebagai pertemuan yang Engkau beri rahmat-Mu, dan perpisahan kami setelah pertemuan ini sebagai perpisahan yang penuh dengan kesucian. Ya Allah, jangan Engkau jadikan siapapun di antara kami celaka ataupun terhalangi dari nikmat-Mu.
أَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلاَدَنَا أَوْلاَدًا صَالِحِيْنْ يَدْعُوْنَ لِوَالِدِيْهِم وَأسَاتِذَتِهِمْ وَارْزُقْهُمْ عُلُوْماً نَافِعَةْ يَنْتَفِعُ بِهِم مَنْ حَوْلَهُمْ. وَاجْعَلْهُمْ مِمَّنْ تُرِيْدُهُمْ خَيْرَا وَتُفَقِّهُهُمْ فِى دِيْنِكَ.
Ya Allah, jadikanlah putra-putri kami anak-anak yang shalih dan shaliha, yang senantiasa mendoakan untuk kebaikan orang tua mereka dan guru-guru mereka. Berilah mereka ilmu yang bermanfaat, yang dapat dirasakan oleh masyarakat di sekitar mereka. Jadikanlah mereka termasuk di antara mereka yang Engkau kehendaki baik dan Engkau jadikan mereka sebagai orang yang paham agama-Mu.
Yaa Ilahi….
Perpisahan yang kami alami merupakan tahap awal kehidupan, maka berikanlah kesuksesan di langkah berikutnya. Berikanlah cinta dan rahmanmu, berikanlah kasih dan sayangmu
Ya Allah, tak layak kami meminta-minta lebih kepadaMu karena sungguh Engkau telah memberi sangat banyak kepada kami. Namun Ya Waduud, siramkanlah kesejukan di hati kami sebagai tanda Engkau mendengarkan permohonan kami.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُونَا بِالإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفُ رَّحِيْمٌ، رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ، رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَاْرحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا.
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ